wisata banjarmasin

Wisata Banjarmasin Dan Beberapa Wisata Yang Masih Tersembunyi

Wisata Kota Banjarmasin

Banjarmasin, sebagai kota yang terletak di Provinsi Kalimantan Selatan, menawarkan berbagai destinasi wisata menarik. Berikut adalah beberapa tempat wisata yang populer di Banjarmasin:

  1. Pasar Terapung Lok Baintan

    • Pasar terapung di Lok Baintan merupakan salah sbobet online satu daya tarik utama Banjarmasin. Pengunjung dapat menikmati pengalaman belanja di perahu-perahu tradisional yang diubah menjadi toko terapung yang menjual berbagai produk lokal seperti hasil pertanian, kerajinan tangan, dan makanan khas.
  2. Kampung Sasirangan

    • Sasirangan adalah teknik pewarnaan kain khas Banjarmasin. Di Kampung Sasirangan, Anda dapat melihat proses pembuatan sasirangan, membeli kain-kain cantik sebagai oleh-oleh, dan belajar lebih banyak tentang warisan budaya lokal.
  3. Pulau Kembang (Pulau Bakut)

    • Pulau Kembang terletak di Sungai Martapura dan menawarkan suasana alam yang indah. Perjalanan menuju pulau ini biasanya melibatkan perahu tradisional, dan pengunjung dapat menikmati pemandangan sungai dan kehidupan sehari-hari di sekitar pulau.
  4. Masjid Sultan Suriansyah

    • Masjid ini adalah salah satu landmark penting di Banjarmasin. Dibangun pada tahun 1760, masjid ini memiliki arsitektur yang indah dan menjadi saksi sejarah perkembangan Islam di Kalimantan Selatan.
  5. Taman Siring

    • Taman Siring adalah taman kota yang menyajikan suasana hijau dan nyaman. Pengunjung dapat berjalan-jalan di sepanjang jembatan kayu yang melintasi sungai kecil, menikmati pepohonan rindang, dan bersantai.
  6. Museum Wasaka

    • Museum Wasaka (Warung Sejarah Kalimantan) memamerkan koleksi yang mencakup sejarah dan budaya Kalimantan Selatan. Pengunjung dapat melihat pameran berbagai artefak dan informasi sejarah yang bermanfaat.
  7. Pasar Ahad Martapura

    • Pasar Ahad Martapura adalah pasar tradisional yang beroperasi pada hari Minggu. Pengunjung dapat menemukan berbagai barang, mulai dari hasil pertanian hingga kerajinan tangan, dijual di pasar ini.
  8. Kampung Kuin

    • Kampung Kuin adalah kampung tua di Banjarmasin yang mempertahankan suasana tradisional. Anda dapat menjelajahi lorong-lorong kecil, melihat arsitektur rumah tradisional, dan merasakan atmosfer kampung yang khas.
  9. Pulau Bakut Belimbing

    • Pulau ini menawarkan pantai pasir putih dan keindahan alam yang masih alami. Pengunjung dapat menikmati kegiatan pantai, seperti berjemur atau berenang.
  10. Pulau Kaget

    • Pulau Kaget, terletak di Sungai Barito, menawarkan pengalaman serupa dengan Pulau Kembang. Perjalanan menuju pulau ini melibatkan perahu tradisional dan memberikan pemandangan sungai yang indah.

Sebelum berkunjung, pastikan untuk memeriksa status dan aksesibilitas tempat wisata yang Anda rencanakan, dan dapatkan informasi terkini dari sumber lokal atau kantor pariwisata.

Baca Juga : Apa Itu Vegan Dan Bagaimana Gaya Hidup Orang Vegan

Wisata Tersembunyi Lainnya

Banjarmasin, sebagai salah satu kota di Kalimantan Selatan, memiliki beragam destinasi wisata yang menarik, termasuk beberapa tempat yang mungkin tidak begitu dikenal secara luas. Berikut adalah beberapa destinasi atau aktivitas wisata tersembunyi di Banjarmasin:

  1. Pulau Kembang (Pulau Bakut)

    • Pulau Kembang, juga dikenal sebagai Pulau Bakut, merupakan pulau kecil di Sungai Martapura. Pulau ini menawarkan pesona alam dan dapat dijangkau dengan perahu tradisional. Pengunjung dapat menikmati keindahan sungai, pepohonan, dan suasana tenang.
  2. Pulau Kaget

    • Pulau Kaget terletak di Sungai Barito. Meskipun tidak sebesar Pulau Kembang, pulau ini menawarkan pengalaman yang serupa dengan pemandangan alam sungai yang indah. Perjalanan ke pulau ini biasanya dilakukan dengan perahu tradisional.
  3. Masjid Sultan Suriansyah

    • Masjid ini adalah salah satu masjid tertua di Banjarmasin dan memiliki arsitektur yang megah. Berlokasi di tepi Sungai Barito, masjid ini menawarkan pemandangan indah dan atmosfer yang tenang.
  4. Pasar Terapung Lok Baintan

    • Lok Baintan, yang berjarak sekitar 10 km dari pusat kota, memiliki pasar terapung yang terkenal. Di pasar ini, pengunjung dapat melihat beragam perahu yang diubah menjadi toko terapung yang menjual berbagai produk lokal.
  5. Taman Siring

    • Taman ini menawarkan area hijau yang luas dan nyaman di tengah kota. Terdapat beberapa jembatan kayu yang melintasi sungai kecil, memberikan kesan alami dan sejuk di tengah hiruk-pikuk kota.
  6. Kampung Kuin

    • Kampung Kuin adalah salah satu kampung tua di Banjarmasin yang masih mempertahankan suasana tradisional. Pengunjung dapat menjelajahi lorong-lorong kecil, melihat rumah-rumah tradisional, dan merasakan kehidupan masyarakat setempat.
  7. Air Terjun Pararawen

    • Terletak sekitar 2 jam perjalanan dari Banjarmasin, Air Terjun Pararawen menawarkan pemandangan alam yang spektakuler. Meskipun perjalanan mungkin memakan waktu, keindahan alam dan keasrian lokasi ini membuatnya sepadan.
  8. Pulau Bakut Belimbing

    • Pulau ini menawarkan pesona alam yang belum terlalu banyak dijamah wisatawan. Pengunjung dapat menikmati pantai pasir putih, snorkeling, dan suasana tenang.

Penting untuk mencatat bahwa status dan popularitas tempat-tempat ini dapat berubah seiring waktu, dan rekomendasi lokal atau informasi terbaru dapat membantu untuk merencanakan kunjungan Anda.