Beranda Kesehatan Tindakan yang Dilakukan oleh Dokter Mata Ahli Rekonstruksi

Tindakan yang Dilakukan oleh Dokter Mata Ahli Rekonstruksi

27
0
Tindakan yang Dilakukan oleh Dokter Mata Ahli Rekonstruksi
Tindakan yang Dilakukan oleh Dokter Mata Ahli Rekonstruksi

Dokter mata ahli rekonstruksi adalah dokter yang memiliki keahlian khusus dalam menangani kelainan atau gangguan pada struktur dan fungsi mata, serta area sekitarnya. Area tersebut meliputi kelopak mata, tulang dan rongga mata, saluran air mata, dahi, serta bagian tengah wajah.

Untuk menjadi dokter mata ahli rekonstruksi, seorang dokter umum harus menempuh pendidikan spesialis mata terlebih dahulu. Setelah menyelesaikan pendidikan spesialis, barulah dokter tersebut dapat melanjutkan pendidikan subspesialisasi di bidang bedah rekonstruksi mata.

Dokter mata ahli rekonstruksi dapat memberikan konsultasi, mendiagnosis penyakit, dan menentukan penanganan kepada pasien yang mengalami gangguan pada mata. Penanganan tersebut bisa dilakukan dengan pemberian obat-obatan atau dengan tindakan medis, misalnya operasi.

Berikut ini adalah beberapa jenis operasi yang dapat dilakukan oleh dokter mata ahli rekonstruksi:

READ  Ukuran dan Jenis Batu Penyebab Kencing Batu

Blefaroplasti
Tindakan ini dilakukan untuk memperbaiki bentuk kelopak mata. Operasi kelopak mata atau blefaroplasti umumnya dilakukan dengan cara menghilangkan atau memperbaiki posisi kulit dan jaringan lemak di sekitar kelopak mata.

Operasi ini sering kali dilakukan untuk memperbaiki penampilan pasien, misalnya karena bentuk kelopak mata tidak simetris atau kelopak mata tampak kendur. Namun, selain untuk alasan kecantikan, operasi kelopak mata juga bisa dilakukan untuk menangani gangguan pada kelopak mata, seperti ektropion dan entropion.

Operasi pengencangan alis
Operasi pengencangan alis merupakan salah satu jenis operasi plastik yang dapat dilakukan oleh dokter mata ahli rekonstruksi. Operasi ini bertujuan untuk mengangkat dan meratakan alis serta menghilangkan keriput atau kendur di dahi.

READ  Obat Sakit Perut Melilit Berdasarkan Penyebabnya

Operasi perbaikan ptosis
Prosedur perbaikan ini dilakukan berdasarkan penyebab utama ptosis. Ptosis sendiri disebabkan oleh kelainan saraf atau otot mata yang berfungsi untuk mengatur proses membuka dan menutupnya kelopak mata.

Dalam menangani ptosis, dokter dapat melakukan operasi pada mata guna mengencangkan otot mata atau memperbaiki saraf pada mata.

Dacriocystorhinostomy (DCR)
DCR bertujuan untuk memperbaiki saluran air mata yang tersumbat dan membuat air mata pasien dapat mengalir dengan lancar. Tindakan ini dilakukan dengan membuat sayatan di sisi hidung atau bisa juga dengan endoskopi.

Operasi pengangkatan mata
Operasi pengangkatan mata umumnya dilakukan untuk mengangkat jaringan mata yang sudah rusah parah dan tidak dapat diperbaiki, misalnya akibat tumor atau kanker mata serta infeksi berat atau cedera parah pada mata. Operasi pengangkatan mata bisa dilakukan dengan dua teknik, yaitu eviserasi dan enukleasi.

READ  Ciri-Ciri Kurap yang Penting untuk Diketahui

Eviserasi dilakukan dengan mengangkat kornea dan bagian dalam bola mata, tetapi bagian putih mata (sklera) masih dipertahankan. Sementara itu, enukleasi merupakan pengangkatan seluruh mata, termasuk sklera.

Setelah mata pasien diangkat, dokter mungkin akan melakukan pemasangan mata pengganti atau prostetik untuk memperbaiki penampilan pasien. Namun, mata prostetik ini tidak dapat mengembalikan fungsi penglihatan yang sudah rusak.

Selain tindakan bedah atau operasi, dokter mata ahli rekonstruksi juga bisa melakukan tindakan medis lain seperti memberikan suntikan botox pada otot kelopak mata dan pencabutan bulu mata atau epilasi. Tindakan epilasi ini bisa dilakukan pada kasus trichiasis.