Peluncuran Harmoni Energi Sehat untuk Layanan Kesehatan Merata

Jakarta – Harmoni Energi Sehat (HES) diluncurkan bertepatan dengan Hari Kartini. HES bersepakat menjadi mitra kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Panti Sehat Harmoni Energi Sehat (HES) diluncurkan bertepatan dengan Hari Kartini untuk merayakan semangat perubahan dan pemberdayaan yang diusung oleh RA Kartini. Kartini ialah simbol pengorbanan untuk kesetaraan gender dan kesempatan yang lebih luas bagi segala masyarakat.

Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat menyoroti peningkatan kasus demam berdarah dangue (DBD) di Tanah Air yang slot qris diberi pengaruh El Nino. Menurutnya, upaya pemberantasan sarang nyamuk dan kesiapan layanan kesehatan di tempat-tempat sepatutnya tetap dilaksanakan.

“Di sejumlah tempat di Tanah Air ketika ini mulai bermunculan kembali kasus DBD baik di Jawa maupun di sejumlah luarJawa. Sistem pelayanan kesehatan dan masyarakat sepatutnya benar-benar siap mengantisipasi merebaknya kasus DBD di tanah air,” kata Rerie, sapaannya, dalam keterangannya, Kamis (1/2/2024).

Pada kesempatan akhir tahun lalu, Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes RI) mengatakan Indonesia selama 50 tahun terakhir berupaya menekan kasus DBD. Beragam metode telah dilaksanakan untuk menekan kasus DBD dengan dana miliaran rupiah tiap-tiap tahunnya namun angka kasus masih di atas 10 per 100 ribu populasi yang ialah batas standar World Health Organization (WHO).

Ketika ini, incident rate kasus DBD di Indonesia masih berada di 28 per 100 ribu penduduk. Pada data tahun 2022, dilaporkan 143.300 kasus dengan 1.236 kematian. Golongan umur dengan kematian tertinggi pada bentang umur 5-14 tahun.

Menurut Lestari, catatan tersebut sepatutnya menjadi dasar peningkatan tanggapan para pemangku kepentingan terhadap merebaknya kasus DBD di permulaan tahun ini. Apalagi kelompok umur yang rentan terhadap DBD ialah kelompok umur belia, calon generasi penerus bangsa.

Langkah strategis yang menyeluruh, jelas Rerie yang juga legislator dari Dapil II Jawa Tengah itu, sepatutnya langsung dilaksanakan dalam upaya mencegah kematian, sekalian penyebaran DBD di Tanah Air.

Member Majelis Tinggi Partai NasDem itu menunjang supaya kolaborasi yang kuat terbangun antarpemangku kepentingan di tingkat sentra dan tempat dalam upaya meningkatkan kesiapan layanan kesehatan di sejumlah tempat untuk mengantisipasi potensi ledakan kasus DBD di Tanah Air.