Beranda Gaya Hidup Manfaat Minyak Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Minyak Grapefruit untuk Kesehatan

39
0
Manfaat Minyak Grapefruit untuk Kesehatan
Manfaat Minyak Grapefruit untuk Kesehatan

Minyak grapefruit bukanlah minyak yang berasal dari buah anggur seperti anggapan banyak orang, melainkan dari jeruk bali merah. Meski belum terlalu populer, manfaat minyak grapefruit tidak kalah baik dari minyak esensial lainnya, lho.

Minyak grapefruit terbuat dari ekstrak kulit jeruk bali merah yang diperoleh dengan metode cold press, yaitu teknik perasan bertekanan tinggi dengan mesin hidrolik. Jeruk bali merah yang telah diproses menjadi minyak esensial dipercaya memiliki segudang manfaat untuk kesehatan fisik maupun mental.

Berikut ini adalah beberapa manfaat minyak grapefruit yang dapat diperoleh:

  1. Menurunkan berat badan

Minyak aromaterapi grapefruit bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Menghirup uap dari minyak ini selama 15 menit sebanyak 3 kali dalam seminggu, dipercaya bisa menurunkan nafsu makan. Dengan begitu, porsi makan berkurang dan berat badan pun menurun.

READ  Tidur Cukup Bisa Membuatmu Terlihat Lebih Cantik, lho!

Manfaat ini berasal dari kandungan limonene, yaitu komponen dalam kulit buah jeruk yang bisa memengaruhi kerja saraf vagus di saluran pencernaan. Saraf inilah yang mengatur rasa lapar dan kenyang.

  1. Mencegah infeksi bakteri

Minyak grapefruit mengandung gamma terpinene dan alpha terpineol yang bersifat antibakteri. Kandungan ini diketahui efektif untuk membunuh bakteri Escherichia coli dan Helicobacter pylori yang menyebabkan gangguan pencernaan.

Efek antibakteri pada minyak grapefruit juga bisa mencegah pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus, yaitu bakteri penyebab penyakit kulit, dan Enterococcus faecalis, yakni bakteri penyebab infeksi saluran kemih.

Meski begitu, studi tentang khasiat minyak grapefruit ini masih terbatas pada uji coba di laboratorium. Jadi, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk mengetahui cara pemakaian yang tepat pada manusia dan efektivitasnya.

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi
READ  Alasan Pentingnya Menjaga Kesehatan Kulit Wajah

Minyak esensial dari kulit jeruk bali merah juga bisa menurunkan tekanan darah dan menjaganya agar tetap normal. Ini karena kandungan limonene dalam minyak grapefruit bisa mengurangi produksi hormon kortisol.

Hormon kortisol dikenal juga sebagai hormon stres yang dapat meningkatkan tekanan darah, kadar gula darah, dan denyut jantung.

  1. Mengatasi kecemasan

Pada dasarnya, penggunaan aromaterapi dipercaya dapat memberikan efek menenangkan sehingga kerap digunakan untuk mengatasi kecemasan.

Meski belum banyak penelitian yang secara spesifik membahas tentang keterkaitan minyak grapefruit dengan kecemasan, kandungan limonene dalam minyak grapefruit diketahui memiliki efek penenang karena bisa menekan kadar hormon kortisol. Efek ini pun bisa dimanfaatkan untuk meredakan stres dan kecemasan.

  1. Mengobati jerawat
READ  Cara Menyimpan Makanan di Kulkas agar Tahan Lama

Efek antibakteri pada minyak grapefruit juga mampu melawan bakteri penyebab jerawat di kulit, sehingga bisa mencegah dan mempercepat proses penyembuhan jerawat.

Penggunaan minyak grapefruit untuk jerawat cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan minyak esensial grapefruit dengan carrier oil. Lakukan dulu tes alergi dengan cara mengoleskannya sedikit ke lengan bawah dan tunggu selama 24 jam.