Ketahui Perawatan Kulit Berminyak yang Tepat

Ketahui Perawatan Kulit Berminyak yang Tepat

Perawatan kulit berminyak bisa dimulai dengan memilih produk perawatan yang tepat. Selain untuk memberikan tampilan pori-pori yang tampak lebih kecil dan bebas dari kulit mengilap, hal ini juga bertujuan untuk mencegah agar tidak mudah berjerawat.

Kulit berminyak terjadi akibat produksi minyak atau sebum yang berlebihan. Kondisi ini dapat menyebabkan pori-pori tersumbat, menimbulkan jerawat, komedo, serta kulit tampak kusam dan mengilap.

Terdapat beberapa faktor penyebab kulit berminyak, di antaranya genetik, stres, ketidakseimbangan hormon, dan keringat berlebihan akibat suhu udara atau cuaca yang panas.

Untuk mengatasi kondisi ini, Anda dapat menerapkan perawatan kulit berminyak. Dengan melakukan perawatan yang tepat dan teratur, Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Berbagai Perawatan Kulit Berminyak

Berikut ini adalah beberapa perawatan kulit berminyak yang bisa Anda lakukan:

  1. Menggunakan sabun cuci muka atau facial foam

Cucilah wajah 2 kali sehari, pada pagi dan malam hari, atau setelah berkeringat dengan menggunakan sabun muka yang lembut untuk perawatan kulit berminyak. Mencuci wajah dengan sabun yang berbahan kimia keras bisa memicu iritasi dan produksi minyak berlebih.

  1. Menggunakan produk perawatan khusus kulit berminyak

Gunakanlah produk perawatan wajah khusus yang bebas minyak atau oil-free. Selain itu, pilih produk perawatan wajah yang mengandung asam salisilat atau benzoil peroksida. Kandungan tersebut bisa membersihkan pori-pori yang tersumbat dan mencegah jerawat.

Anda juga bisa memilih rangkaian perawatan kulit yang mengandung bahan alami, seperti ekstrak witch hazel. Ekstrak witch hazel sering digunakan pada kulit berminyak karena dipercaya dapat mengecilkan pori-pori.

  1. Mengoleskan pelembap

Meski memiliki kulit yang berminyak, Anda tetap perlu menggunakan pelembap. Selain untuk perawatan kulit berminyak, penggunaan pelembab penting untuk mencegah munculnya tanda penuaan dini. Gunakanlah produk pelembap yang bebas minyak setiap hari. Pelembap ini biasanya berlabel non-comedogenic atau oil-free.

  1. Menggunakan kertas minyak

Kertas minyak sangat bermanfaat dalam perawatan kulit berminyak. Pasalnya, kertas minyak membantu menyerap minyak berlebih dan membuat wajah bebas kilap.

Untuk menggunakan kertas minyak, cukup tekan-tekan secara lembut, bukan menggosokkannya, ke bagian wajah yang berminyak.

  1. Memakai tabir surya

Apa pun jenis kulit Anda, pastikan Anda rutin menggunakan tabir surya dengan SPF 30 saat beraktivitas di luar ruangan pada siang hari. Hal ini sangat penting dilakukan untuk melindungi kulit dari efek sinar UVA dan UVB.

Anda juga dapat menghindari paparan sinar matahari langsung dengan menggunakan kacamata hitam atau topi.