Ketahui Makanan yang Baik untuk Kesehatan Pencernaan! Apa Saja?

Mengonsumsi menu yang baik untuk kesehatan pencernaan sangat penting, seperti yang diketahui bahwa sistem pencernaan bekerja memecah makanan agar nantinya bisa menjadi nutrisi serta energi yang digunakan untuk tubuh.

Ketahui Makanan yang Baik untuk Kesehatan Pencernaan! Apa Saja?

Mungkin Anda sudah tidak asing dengan makanan baik untuk pencernaan yang umumnya merupakan sayuran serta yoghurt, di mana makanan tersebut bisa membantu proses pencernaan dengan sangat baik.

Jika tidak mengatur pola makan dengan benar atau mengonsumsi makanan tertentu, hal tersebut bisa menyebabkan masalah pencernaan seperti kembung, sembelit, diare, mual, maag dan lain-lain.

Untuk menghindari berbagai masalah kesehatan di atas maka sebaiknya konsumsi menu yang membantu sistem pencernaan. Lalu makanan apa saja yang baik untuk pencernaan? Berikut ulasannya.

Menu Makanan yang Baik untuk Kesehatan Pencernaan

Sangat penting mengatur pola makan atau memilih menu yang sehat karena begitu makanan masuk ke dalam tubuh, nantinya proses pencernaan dimulai di mana tubuh secara bertahap akan menggerakkan makanan melalui sistem pencernaan.

Makanan akan dipecahkan menjadi bagian-bagian lebih kecil, sehingga agar proses tersebut berjalan dengan baik, Anda bisa memilih jenis menu yang membantu pencernaan di dalam lambung serta mendukung kerja usus seperti:

  1. Makanan kaya serat

Makanan kaya akan serat sangat penting untuk kesehatan secara umum. Jika Anda tidak terbiasa mengonsumsi saat maka sebaiknya tingkatkan asupan tersebut secara perlahan.

Makanan kaya serat pada umumnya bisa didapatkan dari buah-buahan dan sayuran namun untuk Anda yang tidak terbiasa mengonsumsi sayuran maka bisa menggantinya dengan serat larut seperti otmeal.

Untuk buah-buahan, Anda bisa sering mengonsumsi apel dan buah pisang. Jangan lupa juga mengonsumsi banyak air putih karena ketika tercampur dengan serat bisa menambah massa pada tinja sehingga memperlancar pencernaan.

  1. Menu yang mengandung jahe

Jahe adalah tanaman yang bisa mengurangi kembung dan berbagai masalah pencernaan sehingga Anda bisa menggunakan bubuk jahe kering untuk membumbui makanan agar mendapatkan fungsi baiknya.

Selain itu Anda juga bisa menggunakan irisan jahe untuk seduhan minuman. Cobalah mencampurkannya dengan teh atau berbagai minuman lainnya. Pilih terpercaya berkualitas atau lebih baik menggunakan jahe segar.

  1. Makanan sumber lemak tak jenuh

Makanan baik untuk kesehatan pencernaan lainnya adalah makanan dengan sumber lemak tak jenuh di mana jenis lemak ini bisa membantu tubuh menyerap vitamin dan mendorong pergerakan usus.

Deretan sumber lemak tak jenuh bisa didapatkan dari minyak zaitun atau minyak nabati namun perlu diperhatikan di mana Anda perlu mengonsumsinya dalam jumlah sedang atau disarankan untuk tidak berlebihan.

  1. Makanan berbiji utuh

Sebaiknya Anda juga mengonsumsi menu yang berbiji utuh misalnya seperti gandum, karena memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga dapat membantu sistem pencernaan.

Perlu diketahui bahwa memecah biji-bijian secara perlahan saat berada di dalam lambung dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Beberapa menu yang sangat disarankan adalah beras merah dan quinoa.

  1. Yogurt dan Kefir

Banyak yogurt yang mengandung probiotik di mana probiotik merupakan bakteri dan ragi hidup yang sangat bermanfaat untuk sistem pencernaan, dan bisa mengatasi berbagai masalah seperti kembung sembelit hingga diare.

Anda juga bisa mengonsumsi kefir di mana minuman susu fermentasi ini bisa menghilangkan juga sama seperti yoghurt, karena mengandung probiotik sehingga sangat ampuh menjaga kesehatan dalam pencernaan dan kesehatan usus.

Sebenarnya masih ada banyak menu yang bisa membantu tubuh dalam mencerna misalnya seperti tempe karena melalui proses fermentasi, ikan salmon yang kaya omega-3 atau peppermint yang juga baik untuk kesehatan pencernaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.