Kala hidup sehat dapat dimulai dari genggaman tangan

Tak ada alasan untuk tak dapat merawat dan menjaga kesehatan diri. Seperti caranya merawat diri dari ujung rambut hingga kaki dengan bantuan teknologi.
Sebuah riset dari AIA Group di tahun 2018 memperlihatkan, Indonesia sebagai peringkat terendah di Asia Pasifik terkait aktivitas hidup sehat penduduknya. Padahal merasa puas akan situasi kesehatannya, riset tersebut memperlihatkan aktivitas sehat penduduk Indonesia menurun dari 4.0 di tahun 2016 menjadi 3.6 di tahun 2018.

Sebagian faktor penyebab, seperti adanya asumsi keliru sekiranya berolahraga butuh usaha besar, kurangnya kepedulian kepada gizi karena persepsi makanan sehat yang lebih mahal, dan sebagainya. Persentase ini juga memicu potensi penyakit yang kerap dilalaikan masyarakat, salah satunya adalah obesitas. Dalam obesitas penduduk berusia di atas 18 tahun meningkat, dari 14,8% pada 2014 menjadi 21,8% pada 2018.

Obesitas tak cuma menyebabkan penurunan produktivitas, melainkan juga penurunan kualitas hidup dan kematian dini. Adapun, Penelitian dari Institut Pertanian Bogor (IPB) memperlihatkan bahwa total kerugian ekonomi pengaruh obesitas di Indonesia sebesar Rp 78,5 triliun per tahun, setara dengan 0,9 persen Produk Kecuali Bruto (PDB) Indonesia.

Oleh karena itu, peningkatan kesadaran kesehatan ini penting untuk mengurangi situasi sulit kesehatan masyarakat kedepannya. Di East Ventures, kami percaya bahwa teknologi dapat berperan sebagai katalis di sektor kesehatan. Teknologi membuka akses lebih luas untuk layanan kesehatan bagi masyarakat serta meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan kesehatan. Lewat itu, hal ini juga mendorong pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals) no.3: Kesehatan yang bagus dan kesejahteraan.

Berikut platform digital dalam ekosistem East Ventures yang memberi kesempatan bagi masyarakat luas untuk menyusun pola hidup sehat dan merawat tubuh, bagus lahiriah ataupun mental.

1. Merancang dan memakai pola hidup sehat dan diet lewat aplikasi
FitHappy dapat menjadi permulaan bagi masyarakat untuk mulai menyusun pola hidup sehat. Rencana aplikasinya, FitHappy menjadikan sebuah metodologi baru yang berfokus pada penyusunan kultur dan gaya hidup sehat untuk mengelola asupan makanan, olahraga, dan meningkatkan produktivitas, dengan harga yang relatif murah bagi konsumen. Persentase ini bahkan selaras dengan Tapi Strategis Kementerian Kesehatan Indonesia untuk meningkatkan promosi kesehatan, mencegah penyakit kronis, dan mendorong GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat).

“Kami akan terus berinovasi dalam sektor kesehatan demi meningkatkan efikasi dan efisiensi produk kami secara keseluruhan untuk pengguna kami. FitHappy amat serius dalam menyederhanakan kesehatan untuk membuat lebih banyak orang fit dan happy,” kata Imam Prabowo Karnohartomo, CEO & Co-Founder FitHappy.

FitHappy percaya bahwa jasa kesehatan profesional sepatutnya dapat diakses oleh segala kalangan masyarakat.

2. Tak cuma menawan, senyum yang sehat juga investasi rentang panjang bagi segala orang
Kesehatan gigi dan mulut juga tak kalah penting. Umpamanya, masyarakat seringkali terlambat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Mayoritas masyarakat Indonesia mengalami maloklusi – situasi