Beranda Wisata Destinasi Wisata Monumen Bandung Lautan Api

Destinasi Wisata Monumen Bandung Lautan Api

39
0
Destinasi Wisata Monumen Bandung Lautan Api
Destinasi Wisata Monumen Bandung Lautan Api

Selalu ada cara yang asyik untuk mengisi waktu luang saat hari libur. Salah satunya adalah dengan melakukan hal yang bermanfaat seperti menyambangi Monumen Bandung Lautan Api.

Monumen ini menjadi satu-satunya saksi bisu peristiwa sejarah Bandung Lautan Api yang terjadi di Bandung Selatan. Situs momen ini kemudian menjadi jejak sejarah peristiwa tersebut.

Bagi yang belum pernah ke tempat wisata sejarah ini tentu Anda penasaran dengan hal menarik apa saja yang ada di sini. Simak informasi singkat mengenai tempat wisata Bandung Selatan berikut ini.

Sejarah Monumen Bandung Lautan Api
Situs Monumen Bandung Lautan Api adalah monumen ikonik Kota Bandung yang kini menjadi sebuah lokasi taman untuk rekreasi.

Dibangun tahun 1981, monumen setinggi 45 meter dan 9 bidang sisi terlihat sangat mencolok di tengah area taman yang hijau dan asri.

Monumen ini terbuat dari jenis batu alam yang dibentuk menyerupai kobaran api yang membara.

Bentuk kobaran api pada monumen ini rupanya mengisyaratkan makna yang sangat dalam terkait dengan peristiwa bersejarah tersebut.

Makna dari monumen ini sendiri lebih kepada penggambaran perjuangan para pejuang kita dalam melawan kembali penjajahan di Tanah Air.

Peristiwa Bandung Lautan Api dipimpin oleh Muhammad Toha. Beliau menyerukan kepada kawan-kawan sesama pejuang untuk mencegah masuknya NICA yang membonceng rombongan tentara sekutu.

READ  Tempat Wisata di Jakarta Selatan Terbaru, Kekinian & Hits Dikunjungi

Pada saat itu Kota Bandung menjadi markas besar militer sekutu. Peristiwa pertempuran antara para pejuang kita dan tentara sekutu berlangsung sengit sehingga membumihanguskan Bandung Selatan.

Untuk mengenang jasa para pejuang, lokasi monumen ini menjadi pusat peringatan peristiwa Bandung Lautan Api yang diselenggarakan setiap tanggal 23 Maret.

Peristiwa dengan latar belakang yang sama juga terjadi di Surabaya yang kita kenal dengan Peristiwa 10 November.

Momen sejarah pertempuran Surabaya ini juga meninggalkan jejak berupa Jembatan Merah Surabaya yang kini menjadi situs wisata sejarah.

Daya Tarik Taman Wisata Monumen Bandung Lautan Api
Monumen ini merupakan sentra daya tarik pada area taman yang mengelilinginya. Taman ini begitu luas dan berperan sebagai green area.

Layaknya green area pada umumnya, taman ini kemudian menjadi sentra kegiatan bagi masyarakat sekitar dan wisatawan dari luar kota Bandung.

Berikut adalah ragam aktivitas asik yang dapat Anda lakukan di area taman monumen ini.

Olahraga
Taman di sekitar monumen ini memang jadi salah satu spot olahraga paling favorit bagi masyarakat Bandung. Areanya luas sehingga Anda bisa dengan leluasa berolahraga.

READ  Tempat Wisata di Jakarta Barat Terbaru, Kekinian & Hits Dikunjungi

Adapun jenis olahraga yang cocok Anda lakukan di sini antara lain jalan santai, jogging, skateboard, bersepeda, badminton, catur, dll. Kegiatan olahraga ini memang cocok menjadi kegiatan rutin tiap akhir pekan.

Tak heran jika saat libur akhir pekan, tempat ini sangat ramai karena banyak masyarakat yang berolahraga di sini.

Bahkan sering turut hadir pula komunitas pecinta olahraga tertentu yang berkegiatan di sini. Contoh: komunitas senam aerobik, zumba, dan yoga.

Wisata Belanja
Aktivitas lainnya yang juga tak kalah asik di taman monumen ini adalah berbelanja.

Beragam produk bisa Anda jumpai di sini, mulai dari makanan khas Bandung kekinian hingga pakain dan barang-barang kebutuhan sehari-hari.

Setiap hari Minggu, semacam ada pasar tumpah di sepanjang jalan menuju monumen. Barang yang dijual sangat variatif.

Biasanya para pedagang akan menjual barang dalam jumlah yang lebih banyak karena jumlah pengunjung pada hari Minggu terhitung lebih banyak.

Jangan khawatir soal harga karena barang-barang di sini dijual dengan harga miring.

Di sini, Anda akan mudah sekali menemukan produk souvenir asli Bandung yang unik dan tentunya murah. Anda bisa memborongnya dan menjadikannya oleh-oleh khas Bandung murah tapi berkesan.

READ  Wisata Pantai Terhits di Jakarta yang Wajib Anda Kunjungi

Jelajah Taman Dinosaurus
Untuk spot wisata yang satu ini memang sangat unik lantaran ada banyak tiruan spesies dinosaurus dengan bentuk dan ukuran yang berbeda.

Anak-anak pasti akan menyukai bila diajak ke Taman Dinosaurus ini. Silahkan berpose sepuasnya karena ada cukup banyak spot foto yang menarik.

Saat malam hari, tiruan-tiruan Dinosaurus ini tampak lebih terang karena berhiaskan lampu dekoratif warna-warni. Taman pun jadi lebih indah dan berwarna dengan adanya lampu-lampu ini.

Suasana Malam Dekat Monumen
Momen seru lainnya yang tak boleh Anda lewatkan ketika sedang di sekitar monumen ini adalah menikmati suasana malam yang syahdu.

Jalan-jalan malam di area wisata ini tentu menjadi alternatif terbaik jika Anda tak memiliki waktu luang untuk ke sini pada siang hari.

Suasana malam di sini begitu nyaman dan juga atraktif. Monumen pada malam hari juga terlihat lebih cantik karena hiasan-hiasan lampu taman di sekitarnya.

Jika Anda lapar atau ingin membeli cemilan, Anda akan menemukan banyak sekali referensi kedai yang menjual aneka cemilan, minuman, dan makanan.

Cukup berjalan beberapa meter dari monumen nanti akan tiba di pusat wisata kuliner Bandung terdekat yang ada di sekitar taman.