Ciri-Ciri Kurap yang Penting untuk Diketahui

Ciri-Ciri Kurap yang Penting untuk Diketahui

Ciri-ciri kurap yang paling umum adalah munculnya ruam berbentuk cincin di kulit dan terasa gatal. Selain itu, kurap juga ditandai dengan gejala lain yang berbeda-beda, tergantung bagian tubuh yang terinfeksi.

Kurap muncul akibat infeksi jamur di kulit. Kondisi ini biasanya dialami oleh orang yang tinggal di daerah dengan cuaca panas dan lembap, sering mengenakan pakaian ketat, atau memiliki kontak erat dengan manusia atau hewan yang terinfeksi.

Kurap bisa muncul di berbagai bagian tubuh, termasuk badan, kaki, tangan, kuku, kulit kepala, jenggot, atau selangkangan. Ciri-ciri kurap biasanya muncul sekitar 4–14 hari setelah kulit bersentuhan dengan jamur penyebab kurap.

Kenali Ciri-Ciri Kurap

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ciri-ciri kurap tergantung pada bagian tubuh yang terinfeksi. Meski begitu, ciri-ciri kurap umumnya meliputi:

  1. Ruam berbentuk cincin

Ciri-ciri kurap bisa dikenali dengan munculnya ruam atau bercak kemerahan yang berbentuk seperti cincin. Pada kulit yang cenderung gelap, bercak tersebut umumnya berwarna cokelat atau keabu-abuan.

Ruam berbentuk cincin akibat infeksi jamur ini umumnya memiliki warna yang lebih terang di bagian tengahnya dan bentuknya lebih tinggi dari kulit sekitarnya. Jumlah ruam dapat lebih dari satu dan ukurannya bisa meluas.

  1. Kulit gatal, bersisik, dan pecah-pecah

Selain ruam, ciri-ciri kurap lainnya adalah kulit yang gatal, bersisik, dan pecah-pecah. Pada kondisi yang parah dan tidak diobati hingga tuntas, infeksi jamur di kulit ini bisa meningkatkan risiko terjadinya infeksi bakteri sehingga kulit dapat melepuh dan bernanah.

  1. Kuku menebal dan berubah warna

Kurap bisa terjadi di satu atau beberapa kuku kaki dan tangan. Ciri-ciri kurap pada kuku biasanya diawali dengan penebalan jaringan di bawah kuku dan warna kuku menguning. Setelah itu, kuku bisa menghitam dan menebal. Kuku yang menebal lama-kelamaan bisa retak dan terangkat dari dasar kuku.

  1. Rambut rontok
    Kurap yang muncul di kulit kepala dan jenggot bisa menyebabkan kerontokan rambut yang tidak merata hingga kebotakan. Namun, rambut yang rontok ini biasanya dapat tumbuh kembali ketika kurap di kepala diobati dengan baik.