Operasi Hidung

Beda Operasi Hidung Open Rhinoplasty dan Close Rhinoplasty

Operasi hidung atau biasa disebut rhinoplasty menjadi salah satu prosedur kecantikan yang banyak diminati di Indonesia maupun di luar negeri.

Hidung dengan garis yang ramping masih dianggap sebagai penentu kecantikan. Tak heran banyak yang meminati prosesur kecantikan yang satu ini.

Rhinoplasty sendiri dapat bertujuan untuk mengoreksi cedera, cacat bawaan, atau sekedar mempercantik penampilan. Saat ini ada dua jenis rhinoplasty, yaitu open rhinoplasty dan close rhinoplasty.

Lalu apa yang menjadi perbedaan diantara keduanya? Dr. Kosit Eiowchai (Dr.Benz), Specialist Otolaryngologist asal Thailand slot777 login yang merupakan dokter bedah yang pertama kalinya melakukan teknik open rhinoplasty di Thailand menjelaskan perbedaan antara keduanya pada Jumat (15/4/2024), Jakarta Selatan

“Teknik open rhinoplasty ini tidak memakai implant, berbeda dengan close rhinoplasty yang menggunakan implant pada hidung,” jelas dr. Kosit.

Dengan memakai implant, ada kemungkinan bagian yang dioperasi mengalami jebol karena terdapat tekanan pada hidung.

Kelebihan open rhinoplasty

“Dengan teknik open rhinoplasty dokter bisa memperbaiki rekontruksi hidung yang gagal,” lanjutnya.

Teknik open rhinoplasty umumnya menggunakan tulang pada prosesnya, seperti pada hidung Influencer Lucinta Luna yang menggunakan tulang iga. Penggunaan tulang ini akan membuat hasilnya lebih kuat dan mengurangi resiko jebol.

Dr. Kosit sendiri mengatakan Operasi Hidung akan lebih aman menggunakan teknik open rhinoplasty meskipun proses operasinya sulit.

“Jadi lebih aman jika rhinoplasty dengan teknik open ini karena mengurangi resiko terjadinya jebol,” tuturnya.