Beranda Wisata Air Terjun Efrata

Air Terjun Efrata

21
0
Air Terjun Efrata
Air Terjun Efrata

Samosir adalah pulau di tengah Danau Toba yang menyimpan sejumlah objek wisata alam yang menarik. Salah satu contohnya adalah Air Terjun Efrata Samosir yang menjulang tinggi 20 meter di atas permukaan tanah.

Wisata air terjun ini berada 186 KM jauhnya dari Medan. Jarak yang sangat jauh tak menyurutkan niat wisatawan dari Medan untuk mendatangi tempat wisata Indonesia yang viral ini.

Meski jauh, air terjun ini tetap menjadi incaran para wisatawan karena menyajikan bentangan dan keindahan alam yang sungguh menakjubkan.

Sekilas Tentang Objek Wisata Air Terjun Efrata
Air Terjun Efrata Harian Boho merupakan destinasi wisata alam yang berada di Solok Dolok, Harian, Samosir. Tempat ini beroperasi dari pagi sampai malam dengan jumlah pengunjung yang tak pernah surut.

Dengan biaya masuk yang murah, air terjun ini jadi lokasi wisata favorit, terutama untuk wisatawan yang mendambakan liburan hemat.

Lokasi wisata air terjun ini memiliki nama lain Sampuran Efrata yang rupanya memiliki arti yang sangat indah. Efrata artinya adalah ‘taman suci dan indah’.

READ  Tempat Wisata di Jakarta Pusat Terbaru, Kekinian & Hits Dikunjungi

Asal mula nama ‘Efrata’ sendiri juga memiliki kisah yang unik. Kisah ini berawal dari kedatangan rombongan wisman yang sedang melakukan kunjungan di Sosor Dolok.

Mereka sangat terpukau dengan keindahan alam yang ada di hadapan mereka. Lalu mereka mengucapkan ‘Efrata waterfall!’. Sejak saat itu, masyarakat sekitar menyebut air terjun di Samosir ini dengan nama Efrata.

Karena letaknya dekat dengan Danau Toba dan Menara Pandang Tele, wisata Samosir ini juga kerap dinamai air terjun Tele. Air terjun ini juga masuk dalam rangkaian destinasi wisata Samosir paling populer bersama dengan sejumlah tempat wisata lainnya.

Sampuran Efrata ini merupakan green area yang sangat luas. Posisinya terapit oleh kawasan perbukitan dan juga pegunungan.

Posisi tepatnya tak begitu jauh dari jalur utama dan melewati sebuah bukit yang sangat terkenal di Samosir, yakni Bukit Holbung. Wajar jika bentangan alamnya berupa hutan alami yang hijau dan asri. Sementara untuk air terjunnya sendiri terlihat melebar seperti tirai air.

READ  Wisata Pantai Sri Mersing

Untuk mendukung kenyamanan para pengunjung, sejumlah fasilitas telah tersedia. Meski masih berupa fasilitas yang masih sederhana dan masih perlu ditingkatkan, setidaknya fasilitas-fasilitas ini masih bisa berfungsi secara layak.

Daya Tarik Wisata Air Terjun Efrata
Sederet daya tarik ini merupakan alasan utama mengapa wisata air terjun ini tak boleh Anda abaikan.

Hijaunya Area Persawahan
Pertama kali tiba di Harian, Anda akan dimanjakan oleh hamparan area persawahan yang membentang luas berwarna hijau. Anggap saja panorama sawah yang menyejukan ini adalah menu pembuka sebelum tiba di tempat wisata terdekat, Sampuran Efrata.

Tatkala sedang musim panen, area sawah akan tampak menguning. Pemandangan ini sontak membuat pikiran orang yang memandangnya rileks.

Sebaliknya, saat musim tanam, lahan pertanian akan menghijau – menambah kesan sejuk pada area sekitar sawah. Pesona alam ini tentu saja tidak disia-siakan oleh wisatawan.

Banyak diantara mereka yang mencuri-curi kesempatan untuk selfie dengan background hijaunya sawah. Area sawah dengan luas sekitar 1 Hektar ini tentu menjadi daya tarik yang sangat menonjol bagi wisatawan.

READ  Jakarta International Stadium (JIS)

Pesona Tirai Air pada Air Terjun
Wisata air terjun ini bak oase di tengah kawasan perbukitan. Mendengar deru airnya saja membuat siapapun tak sabar untuk mengunjunginya. Terlebih saat melihatnya dari kejauhan. Makin terpacu untuk segera melihatnya dari dekat.

Sesampainya di air terjun, kaki Anda pasti ingin lekas turun dan merasakan dinginnya air terjun khas Toba. Di bawah air terjun terlihat jejeran batu berbagai ukuran. Batu-batu inilah yang menjadi spot selfie Instagramable.

Namun untuk naik di atas batu, Anda wajib berhati-hati karena permukaan batu tersebut licin. Anda juga bisa habiskan waktu liburan di sini dengan berendam di kolam alami yang terletak di bawah air terjun.

Air pada kolam alami ini sangat bersih dan jernih sehingga ideal sekali untuk berendam dalam rangka mengusir rasa penat. Keseruan yang sama juga bisa Anda rasakan saat mengunjungi Air Terjun Siluman, salah satu destinasi wisata terkenal di Binjai dan sekitarnya.